Skip to main content

4 Tanda-tanda Kelahiran Prematur yang Harus Diketahui

Mengenal Tanda-tanda Kelahiran Prematur
4 Tanda-tanda Kelahiran Prematur yang Harus Diketahui - Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, artikel kali ini saya akan membahas kelahiran prematur, apa itu kelahiran prematur ?, kelahiran prematur adalah kondisi kehamilan yang harus dihindari, karena terdapat banyak dampak negatif jika ibu mengalami kelahiran prematur, misalnya berdampak pada kesehatan anak dan masalah pada saluran reproduksi si ibu.

Oleh karena itu, ibu hamil perlu mewaspadai tanda-tanda kelahiran prematur agar bisa mendapatkan penanganan medis yang tepat. Dengan mengetahui tanda-tanda tubuh yang akan mengalami kelahiran prematur sangat penting sebagai langkah pencegahan.

4 Tanda-tanda kelahiran prematur :

1. Cairan miss V
Salah satu tanda umum yang dapat dengan mudah diketahui adalah keputihan. Cairan miss V yang keluar saat sedang hamil memang normal terjadi. Namun, perubahan cairan miss V tiba-tiba dapat menjadi tanda kelahiran prematur apalagi perubahan tersebut terjadi pada trimester akhir kehamilan.

Kemudian biasanya cairan miss V berubah menjadi warna merah muda atau warna merah yang semakin jelas seperti darah segar, selain itu peningkatan jumlah cairan miss V secara tiba-tiba juga perlu diwaspadai.

2. Kram perut bagian bawah
Selain cairan yang keluar dari miss V, tanda kelahiran prematur juga dapat diketahui dengan dengan kram pada bagian perut. Kram perut pada bagian bawah seperti menstruasi bisa jadi gejala kelahiran prematur, pada tanda ini biasanya kram perut bisa datang dengan waktu yang teratur. Akan tetapi, bisa jadi kram perut muncul secara tiba-tiba atau bahkan terjadi secara terus menerus. 

3. Nyeri perut
Nyeri perut dan juga dirasakan seperti ada gas seperti perut kembung atau seperti usus yang terlilit. Rasa nyeri memang tanda paling umum dari kelahiran prematur ini. Selain kram atau nyeri pada perut, ibu yang sering mengalami nyeri di bagian punggung bawah juga perlu waspada, karena kram atau nyeri punggung bisa jadi tanda kelahiran prematur.

4. Kontraksi
Gejala yang sangat jelas kelahiran prematur adalah kontraksi. Jika ibu yang sedang hamil mengalami kontraksi sebelum usia kehamilan 37 minggu perlu di waspadai dan dipantau seberapa sering mengalami kontraksi dan juga jarak waktu antara setiap kontraksi. Jika lebih dari 5 kontraksi perjam atau terjadi kurang dari 15 menit sekali bisa jadi itu adalah tanda kelahiran prematur.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika mengalami tanda kelahiran prematur? Segeralah periksakan diri ke dokter atau bidan terdekat, untuk mendapatkan diagnosa dan pertolongan.

Bisa jadi ini adalah tanda kelahiran yang palsu atau jika memang benar, dokter akan melakukan berbagai cara untuk menahan waktu kelahiran, agar tidak terjadi kelahiran prematur. Bahkan, menurut penelitian National Institute of Children Heath sekitar setengah wanita yang memiliki tanda kelahiran prematur dapat menjaga kehamilan setidaknya hingga berusia 37 minggu.

Demikian artikel tentang mengenal tanda-tanda kelahiran prematur ini, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar