Skip to main content

Apa sih Penyebab Wanita jadi Tidak Subur?


Penyebab Wanita Tidak Subur - Assalamu'alaikum sahabat, setelah kemarin saya membuat artikel tentang Penyebab Pria Tidak Subur, kali ini saya akan membahas apa saja yang membuat seorang wanita tidak subur, seperti diketahui kesuburan merupakan suatu hal yang sangat menggangu dan bahkan bisa mengancam keutuhan rumah tangga.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa masalah kesuburan terjadi pada 40% akibat perempuan dan 40% akibat laki-laki dan 30% akibat keduanya, masalah kesuburan yang cukup serius harus segera dikonsultasikan ke dokter, dan dapat melakukan treatment atau terapi unutk penyembuhan.

Berikut adalah penyebab terjadinya wanita tidak subur :

8 Penyebab wanita tidak subur:

1. Adanya sumbatan pada saluran telur
Adanya sumbatan pada saluran telur disebabkan antara lain, adanya perlengketan pada sekitar saluran telur, hal ini sebagai akibat dari pernah terkena IMS dan radang panggul.

Sehingga menghambat pertemuan sel telur dengan spe**a. Selain itu, sumbatan pada saluran telur dapat juga dikarenakan adanya infeksi atau luka sehabis operasi pada kandungan, misalnya kuret.

2. Kelainan Lendir leher rahim
Cairan atau lendir dalam leher rahim yang terlalu pekat dapat menghambat laju gerakan spe**a, selain itu cairan lendir yang terlalu bersifat asam, dapat mematikan spe**a.

3. Endometriosis
Endometriosis adalah tumbuhnya sel selaput lendir rahim yang tumbuh pada tempat yang tidak semestinya, yaitu di indung telur. Hal ini dapat menimbulkan perlengketan pada sekitar saluran telur atau pada organ reproduksi lainnya.

4. Kelainan mulut rahim
Mulut rahim pada umumnya mengarah ke depan (antefleksi), sehingga berhadapan langsung dengan dinding belakang misV, kondisi inilah yang memungkinkan spe**a sampai kedalam saluran mulut rahim yang menghubungkan antara misV dan rongga rahim.

Penyimpangan dari posisi seharusnya, seperti retrofleksi (posisi rahim menghadap kebelakang), bisa menghambat terjadinya kehamilan.

5. Kelainan rahim
Adanya kelainan rongga rahim karena perlengketan, mioma atau polip, peradangan endometrium dan gangguan kontraksi rahim, dapat mengganggu transportasi spe**a. Kalaupun sampai terjadi kehamilan biasanya kehamilan tersebut akan berakhir sebelum waktunya.

6. Faktor usia
Pada wanita begitu masuk usia 35 tahun, kesuburan akan menurun dan semakin menurun drastis di usia 37 tahun sampai akhirnya masuk ke masa menopouse diatas 40 tahun.

Cadangan sel telur akan terus menerus berkurang setiap kali wanita mengalami menstruasi dan lma kelamaan akan habis saat menopouse, sebaliknya usia tidak membatasi tingkat kesuburan pria dimana produksi spe**a terus memproduksi sel spe**a selama anatominya normal.

Usia kesuburan perempuan lebih cepat daripada laki-laki. Puncak kesuburan perempuan adalah usia 20 hingga 29 tahun, pada usia ini perempuan memiliki kesempatan untuk hamil sebesar 95%.

Pada usia 30-an prosentasenya menurun hingga 90%. Memasuki usia 40 tahun kesempatan untuk hamil berkurang hingga 40%, pada usia lebih dari 40 tahun kesempatan untuk hamil maksimal 10% saja.

Semakin bertambahnya usia, penurunan kesuburan juga terjadi pada laki-laki, menurut penelitian dari Bristol dan Brunei University, jumlah laki-laki usia 35 tahun yang gagal membuahi pasangan meningkat hingga 15%, hal ini disebabkan oleh faktor fisik, dorongan dan frekuensi untuk berhubungan sek***l semakin berkurang seiring bertambahnya usia.

7. Berat badan tidak seimbang
Berat badan yang tidak seimbang dapat mengganggu kesuburan perempuan, karena tubuh memerlukan 17% dari lemak tubuh di awal masa siklus haid, dan 22% di sepanjang siklus haid.

Lemak tubuh mengandung enzim aromatase yang dibutuhakan utnuk memproduksi hormon estrogen, jadi persediaan lemak dalam tubuh tidak memadai akan memeberikan andil besar terhadap ketidaksuburan.

8. Stress yang berlebihan
Gaya hidup ternyata memegang peranan penting dalam menyumbang angka kejadian infertilitas, yakni sebesar 15-20%. Gaya hidup serba cepat dan kompetitif dewasa ini rentan membuat seorang wanita mudah stess.

Padahal kondisi jiwa yang penuh gejolaj bisa menyebabkan gangguan ovulasi, gangguan spe**atognesis, spasme tuba falopi dan menurunnya hubungan suami istri.

Sekian artikel tentang penyebab wanita tidak subur, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog ini, wassalam... 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar