Skip to main content

Bagaimana sih Cara Melakukan Test Kehamilan yang Benar?

Cara Melakukan Test Kehamilan yang Benar
Cara Melakukan Test Kehamilan Yang Benar - melakukan test kehamilan bisa dibilang gampang-gampang susah, kenapa ?, karena jika pada bunda tidak melakukan dengan benar , tentu saja hasil yang didapat tidaklah akurat, dan bahkan tidak sedikit para wanita yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil, berikut tips dan info dari saya ini semoga bermanfaat bagi anda yang sedang ingin melakukan test kehamilan :


Cara Melakukan Test Kehamilan yang Benar:

a. Strip Uji Kehamilan (testpack)

test pack

Cara ini yang sering dipakai karena memang tergolong cara yang paling mudah , testpack adalah suatu alat untuk mengetes kehamilan yang berupa strip, Test ini bisa dilakukan sendiri, anda dapat menggunakan testpack yang cukup sensitif dan akurat membaca tanda kehamilan hingga kurang lebih seminggu setelah terlambat bulan.

Testpack ini dapat mendeteksi kehamilan dengan menggunakan sample urin, urin yang digunakan sebagai sampel sebaiknya urin pertama kali atau urin pada pagi hari, adanya kadar HCG dalam urin wanita yang sedang hamil dapat terdeteksi oleh testpack tersebut.

Apabila testpack yang telah dimasukkan dalam urin dalam waktu satu menit memberi tanda dua garis berarti anda positif hamil, sedangkan bila yang muncul hanya satu garis berarti negatif atau anda tidak hamil.

b. Home Kits

home kits

Memakai cara ini bisa terbilang sulit karena, pada alat ini sampel yang digunakan adalah urin, anda harus mengikuti petunjuknya secara hati-hati sesuai dengan home kits yang berbeda-beda. Alat ini berupa sebuah kotak dengan sebuah pipa tes, anda harus menuangkan pada pipa tes dan menggoyang-goyangkannya.

Dengan pipa baru yang kosong, ambillah sedikit urin dan masukkan satu tetes kedalam larutan kimia tersebut, tunggulah hingga kurang lebih satu jam. apabila bayangan membentuk gambar seperti cincin, berarti hasil tes ini negatif, tetapi jika tidak terdapat pola bayangan berarti test kehamilan positif.

c. Tes Urin
Tes ini biasa dilakukan dilaboratorium dengan bantuan dokter, klinik atau ahli kimia, kebenaran tes urin dilaboratorium mencapai 95%.

d. Pemeriksaan internal (misV toucher)
Pemeriksaan ini biasa dilakukan oleh dokter ahli kandungan yaitu dengan memasukkan dua jari tangannya kedalam misV dan meraba perut anda dengan tangan satunya, sehingga dapat mendeteksi melembutnya secara umum organ-organ genital anda dan membesarnya ukuran rahim.

Baca juga: 16 Ciri dan tanda wanita hamil yang harus diketahui

Demikian beberapa cara melakukan test kehamilan yang benar, diantara cara diatas sudah pasti mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing,ada yang mudah dilakukan dan ada yang sulit dalam melakukannya, jadi mana yang terbaik ?,  pilihan tersebut tergantung pada diri anda masing-masing, karena beberapa cara diatas adalah yang biasa dilakukan oleh sebagian besar wanita-wanita yang ingin mengetahui apakah dia hamil atau belum, sekian artikel ini mohon maaf apabila ada kurang, dan lebihnya semoga bermanfaat bagi anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar