Skip to main content

Bagaimana Cara Untuk Mengetahui Gangguan Kesuburan pada Wanita?


Cara Untuk Mengetahui Gangguan Kesuburan pada wanita - mengetahui gangguan kesuburan bisa dibilang sangatlah penting, karena jika kita sudah mengetahui sejak awal pada gangguan yang dialami, maka semakin mudah untuk disembuhkan, dan untuk mengetahui gangguan kesuburan ini haruslah dilakukan pemeriksaan kesuburan, sebelum melakukan pemeriksaan kesuburan ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti dibawah ini :


Sebelum kita mengetahui cara untuk mengetahui gangguan kesuburan, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pemeriksaan kesuburan, antara lain:

1. Faktor usia
Sebaiknya pemeriksaan kesburan dilakukan pada usia masing-masing pasangan suami istri diatas 30 tahun.

2. Belum Hamil
Belum adanya tanda-tanda kehamilan setelah 3 bulan menikah, semakin lama pasangan yang menikah itu tanpa kehamilan maka akan semakin kecil pula peluang untuk terjadinya kehamilan, meskipun telah melakukan hubungan sek***l tanpa menggunakan alat kontrasepsi, namun kehamilan tidak kunjung juga.

3. Hormon yang tidak seimbang
Memiliki pertumbuhan rambut yang abnormal, misal berkumis atau berotot, perempuan yang mempunyai kumis dan berotot seperti laki-laki berarti ia memiliki hormon testoteron yang berlebihan, sehingga kemungkinan untuk hamil sangat kecil.

4. Keluar ASI
Keluarnya ASI padahal tidak hamil, bisa jadi kondisi ini adalah indikasi adanya kelainan hormon yang disebabkan oleh adanya tumor di kepala.

Baca juga: Apa sih penyebab wanita jadi tidak subur?

Setelah mengetahui hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pemeriksaan kesuburan, berikut ini adalah jenis pemeriksaan kesuburan yaitu :


Cara mengetahui gangguan kesuburan:

  • Penilaian terhadap siklus menstruasi dan perubahan hormonal yang terjadi pada siklus menstruasi berlangsung.
  • Pemeriksaan darah di laboratorium untuk melihat kadar hormon
  • Pemeriksaan urin di laboratorium untuk melihat adanya kencing manis dan kolesterol
  • Pemeriksaan USG untuk melihat kondisi dalam kandungan
  • Pemeriksaan HSG untuk melihat tersumbat atau tidaknya saluran telur
  • Pemeriksaan laboratorium khusus untuk melihat adanya virus TORCH dan Pap Smear
TORCH adalah penyakit yang diakibatkan dari infeksi salah satu virus atau gabungan dari virus Toxoplasma gondii (Toxo), Rubella, Cyto Megalo Virus (CMV), Herpes Simplex Virus (HSV) yang terdiri dari HSV1 dan HSV2 serta kemungkinan oleh virus lain yang dampak klinis nya lebih terbatas (Misalnya Measles, Varicella, Echovirus, Mumps, virus Vaccinia, virus Polio, dan virus Coxsackie-B).

Pap smear adalah contoh dari sel-sel di leher rahim yang diambil selama tes pap. Tes pap dilakukan untuk menentukan kesehatan leher rahim atau menemukan adanya perubahan abnormal pada sel-sel. Selama tindakan, contoh sel tersebut dikumpulkan dari permukaan leher rahim dan diletakkan pada kaca mikroskop. Contoh ini, disebut pap smear, dikirim ke laboratorium untuk pemeriksaan mikroskopis.

Waktu yang paling baik untuk membuahi sel telur adalah pada saat seorang perempuan sedang mengalami masa subur.

Sekian tips untuk mengetahui gangguan kesuburan ini, kurang lebihnya mohon maaf, bagikan artikel ini jika bermanfaat, terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar