Skip to main content

28 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Jika Ingin Hamil

28 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Jika Ingin Hamil
28 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Jika Ingin Hamil - kehamilan adalah hal yang sangat di inginkan bagi setiap pasangan yang sudah menikah, namun tidak semua pasangan cepat dikaruniai seorang buah hati, dengan begitu kita harus mengetahui penyebab kenapa tidak kunjung hamil, bisa saja salah satunya bermasalah, atau keduanya yang bermasalah, penyebab utama adalah gangguan kesuburan, baik itu dialami oleh pria ataupun wanita, dan berikut adalah beberapa hal yang harus dihindari jika anda ingin segera hamil.

28 Kebiasaan yang harus dihindari jika ingin hamil:

Dibawah ini ada beberapa hal dan kebiasaan buruk yang dapat menghambat terjadinya proses kehamilan, silahkan disimak ulasan dibawah ini:

1. Merokok, kafein dan minuman beralkohol
Minuman kafein dan minuman beralkohol dapat menyebabkan gangguan kesuburan bagi wanita maupun pria, sedangkan merokok dapat menyebabkan impotensi pada kaum pria, secara medis merokok terbukti menyebabkan impotensi. Dibutuhkan waktu 100 hari untuk membuat spe**a.

2. Stress dan depresi
Stress dan depresi dapat menghambat kehamilan, dikarenakan hormon penyebab stress dapat menganggu kestabilan kerja otak, sehingga menyebabkan sel telur tidak matang atau tidak dapat keluar, terkadang wanita tidak menyadari kalau dirinya stress, tanda-tanda stress dapat dilihat dari perilaku seperti : merasa letih, mengantuk, mudah marah, lesu, serta perasaan tidak berdaya, untuk mengatasinya anda dapat melakukan beberapa hal seperti yoga, meditasi dan menjalani hidup seimbang.

3. Hindari penyebab disfungsi sek***l
Disfungsi sek***l dapat berupa faktor fisik maupun psikologi, faktor fisik dapat berupa kelainan atau penyakit pada organ kela**n, sedangkan faktor psikologis dapat berupa stress, depresi, gelisah, marah dengan pasangan, cemas, berselisih atau bosan dengan pasangan dan trauma.

4. Hindari obat tanpa resep dari dokter
Ada beberapa obat yang mempunyai efek samping bagi wanita yang ingin cepat hamil, seperti obat jenis anthisitamin, obat ini efektif untuk mengobati demam ringan, jenis obat yang tidak diresepkan lainnya termasuk ioratadine, benadryl dan cholophenamine, 

obat ini juga menurunkan gejala demam, efek sampingnya adalah menurunkan jumlah cairan lubrikan yang dapat menyebabkan miss V menjadi kering. hindari juga obat yang bersumber dari makanan yang dipanaskan dalam plastik, pewarna rambut, dan residu pestisida sayuran.

5. Hindari endometriosis
Endometriosis adalah jenis kelainan pada lapisan pelindung rongga janin. jika pada wanita normal lapisan pelindung ini terletak di rongga rahim (endometrium), maka pada kasus endometriosis, endometrium tumbuh diluar rahim.

Berikut gejala endrometriosis :
  • Perut nyeri selama haid, kadang disertai kejang pada otot perut
  • Pinggang terasa sakit ketika duduk
  • Panggul terasa nyeri, baik pada bagian belakang maupun samping
  • Sakit perut yang mirip dengan gejala sakit maag
  • Anu* dan sekitarnya sakit saat buang air besar
  • Miss V terasa gatal
  • Muncul bercak merah jauh sebelum tiba siklus haid
  • Nyeri pada saat berhubungan
Penyakit ini termasuk sulit disembuhkan, karena walaupun telah diobati terkadang penyakit ini akan muncul lagi, beberapa ahli menduga bahwa endometriosis disebabkan oleh daya tahan tubuh yang menurun akibat stress atau berhubungan saat menstruasi.

6. Kurangi mandi dengan air hangat
Pada pria akan menyebabkan gangguan produksi spe**a


7. Hindari memelihari binatang yang mengandung virus
Beberapa hewan peliharaan yang dimungkinkan mengandung virus yang sangat berbahaya bagi alat reproduksi wanita antara lain kucing, anjing, ayam, tikus dan sejenisnya. 

Virus ini dikenal dengan nama toksoplasma, penularan dapat melalui kotoran dan daging yang diolah setengah matang. Cucilah tangan dengan bersih setelah memegang binatang dan hindari memakan makanan setengah matang.

8. Kurangi bekerja ekstra
Bekerjalah dengan sewajarnya, jangan sampai fisik anda mengalami kelelahan.

9. Hindari terik matahari
Pada pria dapat mengurangi jumlah spe**a

10. Hindari penggunaan laptop berlebihan
Menurut penelitian di Amerika, pemakaian laptop pada pria dapat mempengaruhi kesuburan terlebih jika sering meletakkan laptop di kedua pahanya sambil duduk.

11. Hindari pemakaian pantyliner
Pantyliner adalah pembalut wanita yang sangat tipis yang digunakan agar pakaian dalam tetap bersih dan kering sehingga nyaman digunakan berjam-jam lamanya. 

Namun perlu diwaspadai pantyliner ini justru dapat mengganggu alat reproduksi wanita, dikarenakan pantyliner dapat meningkatkan kelembaban kulit sekitar miss V, sehingga mudah ditumbuhi bakteri dan jamur penyebab penyakit, 

selain itu produk pantyliner kebanyakan menggunakan bahan pemutih (klor) agar kelihatan putih bersih, pemutih ini dapat menyebabkan kanker serv**s, sebaiknya gunakan pakaian dalam setiap enam jam atau setiap pakaian dalam tersebut sudah terasa lembab, selain itu pakailah handuk khusus untuk mengeringkan miss V setelah buang air kecil maupun besar, sehingga pakaian dalam tetap kering.

12. Hindari penggunaan narkoba
Narkoba, psikotropika dan zat adiktif lainnya merupakan komponen yang sangat merugikan kesehatan anda.

13. Kurangi penggunaan cairan pembersih miss V
Seringnya menggunakan cairan pembersih miss V dapat mematikan semua bakteri yang berguna maupun tidak berguna. Selain itu dapat mengakibatkan spe**a mati, sebaiknya gunakan seperlunya saja yaitu setelah habis menstruasi

14. Kurangi minuman bersoda dan roti putih
Didalam minuman bersoda dan roti putih mengandung zat yang dapat mengurangi tingkat kesuburan dan meningkatkan kadar gula dalam darah.

15. Kurangi terong
Khasiat terong pada pria dan wanita berbeda, untuk pria terong yang mengandung flavonoid berguna untuk antioksidan, selain itu juga dapat membantu peredaran darah sehingga dapat membantu mengatasi disfungsi ere**i, 

sedangkan untuk wanita terong yang mengandung solanin berfungsi untuk menekan ovulasi, sehingga sayuran ini dapat digunakan sebagai KB alami.


16. Kurangi pare
Selain terong sayuran yang berguna sebagai KB alami adalah pare, pare telah terbukti dapat menghalangi spe**a dan dapat menurunkan kesuburan pada pria.

17. Hindari makanan yang mengandung merkuri
Zat yang terkandung dalam beberapa jenis ikan seperti ikan hiu, makarel, dan ikan marlin. Sebaiknya anda tidak mengkonsumsinya, karena merkuri dapat menyebabkan adanya gangguan pada bayi, seperti bayi lahir cacat atau autis.

18. Hindari makanan yang diawetkan dan instan
Makanan-makanan ini tidak baik untuk spe**a, selain itu makanan ini juga tidak baik untuk janin yang ada dalam kandungan.

19.Kurangi lemak
Kontrol berat badan anda, karena menurut penelitian 22% lemak pada tubuh akan digunakan saat pembuahan dan penunjuang berlangsungnya reproduksi, namun terlalu banyak lemak pun tidak baik karena dapat mengganggu kesuburan.

20. Hindari banyak gerkan sesaat setelah berhubungan
Berikan waktu sejenak untuk spe**a berenang menuju serv**s, ganjal pinggang anda dengan bantal agar spe**a tidak keluar.

21. Kurangi frekuensi mast***si
Mast***si dapat mengakibatkan eja****si dini, iritasi pada kulit Mr P, dan juga bisa menyebabkan kemandulan.

22. Hindari oral sek*
Dengan oral sek* akan menimbulkan penyebaran kuman lebih luas yang diawali dari mulut hingga ke rahim pasangan anda, selain itu dapat menurunkan kualitas spe**a karena secara alami ludah akan membunuh spe**a sehingga sulit untuk melakukan pembuahan.

23. Hindari banyak duduk
Untuk pria sebaiknya seimbangkan dengan menyediakan waktu untuk berjalan sebentar, agar test*s tidak mengalami kepanasan.

24. Hindari penyebab kanker serv*ksPenyebab antara lain :
  • Infeksi HPV (Human Papilloma Virus) yang ditularkan melalui hubungan sek*
  • Perilaku Sek* berganti pasangan
  • Wanita perokok
  • Taruma kronis pada serv*ks karena persalinan berulang kali yang mengalami infeksi
  • Kontrasepsi oral
  • Defisiensi zat gizi kurangnya vitamin A,C dan E dapat menyebabkan resiko terkena kanker serv*ks
25. Hindari cairan lubrikan saat berhubungan
Formula cairan lubrikan dapat mengganggu keseimbangan pH dalam miss V dan rahim

26. Hindari radiasi dan kemoterapi
Dapat menyebabkan spe**a mati

27. Hati-hati dengan obat antibiotika
Ada banyak antibiotika yang dapat mempengaruhi kualitas spe**a seperti nitrofuran, yaitu furazone dan macrolides, obat-obat ini dapat menurunkan kesuburan, sebagai ganti anda bisa menggunakan penisilin atau quinolone seperti cinoxacin.

28. Hindari tetanus
Tetanus yang disebabkan karena tusukan benda tajam dalam tubuh, terutama yang berkarat dapat mempengaruhi syaraf dan otot, tidak hanya fatal pada ibu hamil akan menyerang janin dalam kandungan dan untuk yang hamil muda bisa menyebabkan keguguran.

Sekian artikel tentang Hal yang harus dihindari jika ingin hamil ini, semoga bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung diblog ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar