Skip to main content

Mengontrol Berat Badan Agar Cepat Hamil

Mengontrol Berat Badan Agar Cepat Hamil
Mengontrol Berat Badan Agar Cepat Hamil - Salah satu faktor penyebab ketidaksuburan wanita adalah masalah berat badan. Apabila seorang wanita mempunyai tubuh yang terlalu kurus, bisa menyebabkan siklus haid wanita tersebut tidak teratur. Hal ini disebabkan dibutuhkannya sekitar 20% lemak tubuh untuk proses pembuahan dan reproduksi lainnya.

Sedangkan apabila tubuh seorang wanita terlalu gemuk, juga mengakibatkan terganggunya keseimbangan hormon. Faktor yang mempengaruhi berat badan, yaitu :

1. Faktor genetika
Apabila kedua orang tua dan saudara memang memiliki masalah yang sama yaitu susah gemuk, maka kemungkinan besar anda memang kurus secara genetika

2. Adanya masalah metabolisme tubuh
Adanya gangguan pada sistem penyerapan (absorpsi) nutrisi di saluran pencernaan dapat menyebabkan berat badan menjadi kurus maupun gemuk. 

Jika anda termasuk orang yang sering mengalami gangguan pencernaan, seperti sembelit, diare atau merasa nyeri diperut, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk memastikan apakah benar ada gangguan pada tubuh anda.

Massa tubuh atau Body Mass Index (BMI) yang normal adalah 19 - 25. Rumus cara menghitungnya adalah :

Sebagai contoh :

Apabila berat badan anda adalah 45 kg dan tinggi badan 160cm.

Maka, masa tubuh ideal anda adalah : 45/1,6 x 1,6 = 45/2,56 = 17,57

Ini berarti masa tubuh ideal anda kurang dari normal. Oleh karena itu, anda harus menambah berat badan tubuh anda hingga menjadi ideal.

Apabila berat badan anda adalah 55 kg dan tinggi badan 160 cm. 

Maka, masa tubuh ideal anda adalah : 55/1,6 x 1,6 = 55/2,56 = 21,48

Ini berarti masa tubuh ideal anda nomal.

Apabila berat badan anda adalah 65 kg dan tinggi badan 160 cm. 

Maka, masa tubuh ideal anda adalah : 65/1,6 x 1,6 = 65/2,56 = 25,39

Ini berarti masa tubuh ideal anda diatas normal. Oleh karena itu, anda harus mengurangi berat badan tubuh anda hingga menjadi ideal.

Sekian artikel tentang mengontrol berat badan agar cepat hamil ini, bagikan jika bermanfaat , terima kasih
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar