Skip to main content

Apa sih Pengaruh Golongan Darah dengan Kehamilan?

Pengaruh Golongan Darah dengan Kehamilan
Pengaruh Golongan Darah Dengan Kehamilan - golongan darah merupakan hubungan genetis antara orang tua dengan keturunannya, golongan darah ditentukan oleh dua gen yang berbeda yaitu gen dari ayah dan gen dari ibu. Dari kedua gen tersebut terjadi percampuran ketika pembuahan dalam kandungan dan terjadi penyeleksian gen mana yang lebih dominan.


Pengaruh golongan darah dengan kehamilan:

Sebelum membahas lebih jauh tentang hubungan antara golongan darah dengan kehamilan, sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu pengertian golongan darah seperti dibawah ini,

Pengertian Golongan Darah
Golongan darah adalah ciri khusus darah dari suatu individu karena adanya perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah. 

Dua jenis penggolongan darah yang paling penting adalah penggolongan ABO dan Rhesus (faktor Rh), di dunia ini sebenarnya dikenal sekitar 46 jenis antigen selain antigen ABO dan Rh, hanya saja lebih jarang dijumpai.

Golongan darah manusia ditentukan berdasarkan jenis antigen dan antibodi yang terkandung dalam darahnya, sebagai berikut :

#Individu Dengan Golongan Darah A
Individu dengan golongan darah A memiliki sel darah merah dengan antigen A di permukaan membran selnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen B dalam serum darahnya. 

Sehingga orang dengan golongan darah A-negatif hanya dapat menerima darah dari orang dengan golongan darah A-negatif atau O-negatif.

#Individu Dengan Golongan Darah B
Individu dengan golongan darah B memiliki antigen B pada permukaan sel darah merahnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen A dalam serum darahnya. 

Sehingga orang dengan golongan darah B-negatif hanya dapat menerima darah dari orang dengan golongan darah B-negatif atau O-negatif.

#Individu Dengan Golongan Darah AB
Individu dengan golongan darah AB memiliki sel darah merah dengan antigen A dan B serta tidak menghasilkan antibodi terhadap antigen A maupun B, sehingga orang dengan golongan darah AB-positif dapat menerima darah dari orang dengan golongan darah ABO apapun dan disebut resipien universal. 

Namun orang dengan golongan darah AB-positif tidak dapat mendonorkan darah kecuali pada sesama AB-positif.

#Individu Dengan Golongan Darah O
Individu dengan golongan darah O memiliki sel darah tanpa antigen, tapi memproduksi antibodi terhadap antigen A dan B, sehingga orang dengan golongan darah O-negatif dapat mendonorkan darahnya kepada orang dengan golongan darah ABO apapun dan disebut donor universal, Namun orang dengan golongan darah O-negatif hanya dapat menerima darah dari sesama O-negatif.

Menurut Dr. Peter D'Adamo, beliau adalah seorang dokter naturopati menyatakan bahwa terdapat reaksi kimia antara antigen golongan darah dan makanan yang kita makan. Hal ini disebabkan karena protein dalam makanan juga memiliki antigen-antigen yang mirip dengan antigen golongan darah. 

Jadi, apabila kita mengkonsumsi makanan yang mengandung antigen asing, maka sistem kekebalan tubuh akan menciptakan antibodi anti-golongan darah dan ia akan ditolak oleh sistem kekebalan tubuh.

Reaksi antibodi juga dapat mempengaruhi kesehatan yang dapat mengganggu kesuburan seseorang atau penyebab keguguran ketika seorang ibu mengandung janin dari golongan darah yang berbeda. 

Jadi, apabila anda ingin cepat hamil dengan kehamilan yang sehat maka perhatikan pola makan makanan anda berdasarkan golongan darah.

Mengkonsumsi makanan sesuai dengan golongan darah dapat menghindari reaksi antibodi atau antigen.

Berikut ini adalah tabel pewarisan golongan darah kepada anak :

tabel golongan darah
Demikian artikel tentang Pengaruh Golongan darah dengan kehamilan ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung diblog ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar