Skip to main content

Pengertian Masa Subur yang Harus di Ketahui

Pengertian Masa Subur
Pengertian Masa Subur yang harus di Ketahui - Masa subur wanita adalah masa hidup satu sel telur yang dikeluarkan dari indung telur dan siap dibuahi oleh sel pria disaluran telur (tuba falopi) yang terjadi sekali dalam satu bulan. Didalam rahim, sel telur mampu bertahan hidup selama 1-2 hari. Bagi wanita, masa subur bermanfaat dalam merencanakan jumlah dan jarak kelahiran anak. Dengan mengetahui kapan masa subur, keinginan untuk hamil atau menunda kehamilan bisa dilakukan dengan mudah.

Bayi manusia dimulai dari satu sel saja, yaitu sel telur manusia. Sel telur yang amat kecil dilahirkan dari dalam indung telur yaitu alat pembuat sel telur wanita, tepat disisi rahim. Semua wanita yang normal mempunyai dua indung telur, satu pada setiap sisi rahim, terletak didekat ujung-ujung saluran telur.

Setiap bulan, kira-kira 14 hari dari permulaan masa haid terakhir, sebuah telur kecil atau ovum dihasilkan. Sel telur manusia ini telah disediakan di dalam sebuah kantong sel-sel yang amat kecil jauh didalam indung telur.

Tepat pada waktu tertentu sel telur itu meninggalkan indung telur dan memasuki saluran telur. Masa inilah yang dikenal dengan masa subur atau proses ovulasi.

Dan pada masa inilah sel telur yang matang pada wanita siap dibuahi, sehingga bila wanita tersebut melakukan hubungan maka dimungkinkan terjadi kehamilan.

Pada masa subur ini, terjadi perubahan fisiologis yang dapat dijadikan indikator, umumnya terjadi perubahan libido yang meningkat, lendir pada mis V lebih banyak dan peningkatan suhu basal tubuh sebesar 0,2-05 derajat pada siang hari.

Indikator minor kesuburan, yaitu nyeri perut dan perubahan pada dada. Lendir yang muncul pada missV ini merupakan lendir yang diproduksi oleh kelenjar-kelenjar pada leher rahim dan bersahabat dengan sel pria.

Lendir tersebut memungkinkan sel pria dapat bertahan hidup dalam lendir tersebut untuk menunggu matangnya sel telur (ovulasi). Pada masa subur, kemungkinan pembuahan sangatlah besar.

Sekian informasi tentang Pengertian Masa Subur ini, semoga bermanfaat, terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar