Skip to main content

5 Ciri-ciri Tubuh Jika Hormon Tidak Seimbang

Ciri-ciri Tubuh Jika Hormon Tidak Seimbang
5 Ciri-ciri Tubuh Jika Hormon Tidak Seimbang - dengan adanya hormon di dalam tubuh dapat mempengaruhi semua orang dari lahir sampai meninggal. Statistik menunjukkan bahwa sekitar 80 persen wanita menderita ketidakseimbangan hormon, yang dapat menyebabkan kesehatan fisik dan mental menjadi terganggu. Dibawah ini adalah tanda dan ciri-ciri yang paling umum terjadi pada wanita apabila mengalami ketidakseimbangan hormon, dan ternyata tidak sedikit para wanita mengabaikannya.

5 Ciri-ciri Tubuh Jika Hormon Tidak Seimbang :

1. Sulit tidur
Yang pertama adalah sulit tidur atau yang biasa disebut insomnia merupakan efek samping yang paling umum terjadi dari ketidakseimbangan hormon. Jika pada pria, ini akan menjadi tanda tingkat testosteron yang rendah, dan rendahnya kadar progesteron jika terjadi pada wanita.

Sebuah survey pada tahun 2007 yang dilakukan oleh National Sleep Foundation menemukan bahwa 33 persen wanita mengatakan tidur mereka terganggu selama siklus menstruasi dan 16 persen melaporkan kehilangan satu atau lebih hari kerja dalam sebulan karena masalah sulit tidur ini.

Wanita yang sedang menstruasi, akan mengalami perubahan hormon, termasuk penurunan mendadak tingkat progesteron, yang mempengaruhi kontrol suhu tubuh, dan mengurangi jumlah tidur.

2. Berkeringat pada waktu malam
Ciri kedua ketidakseimbangan hormon selain masalah tidur juga dapat menyebabkan produksi keringat berlebih di malam hari. Dikarenakan menurunnya tingkat hormon progesteron pada wanita menyebabkan tubuh mengalami dominasi estrogen yang akan memberi dampak seperti hot flashes, keringat malam, dan berat badan.

Sementara pada pria, kondisi ini dihubungkan dengan kadar testosteron yang rendah.

3. Mudah lelah dan capek
Ciri ketiga adalah mudah lelah meski mendapat tidur 8 jam setiap malam, tetapi tubuh tetap lelah di pagi hari, ini merupakan pertanda Anda mengalami ketidakseimbangan hormon.

Meskipun ada penyebab lain mudah lelah, seperti kadar insulin yang tinggi bisa ditandai dengan rasa lelah, cemas, mudah marah, dan lapar.

4. Tingkat libido rendah
Kurangnya minat s*ks dapat menjadi tanda bahwa estrogen yang rendah pada wanita dan testosteron rendah pada pria. Penurunan estrogen akan menyebabkan penipisan jaringan miss V, kekeringan dan hubungan s*ks yang menyakitkan. Jika s*ks sakit dan tidak menyenangkan, maka wanita tidak mungkin melakukan hubungan intim.

Begitu pula sebaliknya, pada pria, kadar testosteron drop off setelah usia 40 tahun, sebuah fenomena yang dikenal sebagai "menopause pria."

5. Timbulnya jerawat kronis
Jerawat muncul sebelum atau setelah datang bulan adalah normal, akan tetapi jerawat membandel yang selalu muncul di wajah bisa menjadi itu adalah gejala dari masalah hormon.

Produksi hormon yang berlimpah baik pada pria maupun wanita akan menyebabkan kelenjar minyak bekerja terlalu keras, dan dapat mempengaruhi sel-sel kulit di dalam dan sekitar folikel rambut. Dan dapat menyumbat pori-pori dan akan menyebabkan jerawat.

Demikian artikel tentang ciri-ciri tubuh jika hormon tidak seimbang ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar