Skip to main content

10 Penyebab Lama Hamil Setelah Menikah

10 Penyebab Lama Hamil Setelah Menikah
10 Penyebab Lama Hamil Setelah Menikah - salah satu tujuan menikah yang sangat penting adalah memiliki keturunan, karena dengan memiliki keturunan dapat menyebabkan keawetan rumah tangga seseorang, namun tidak semua pasangan yang beruntung langsung mendapatkan anak, banyak pasangan yang telah lama menikah tidak juga memiliki keturunan, beberapa penyebab yang dialami seperti gangguan kesuburan yang diakibatkan karena perempuan atau laki laki dengan berbagai alasan seperti gaya hidup sampai kesehatan.

Seperti yang dikutip dari mayo clinic, yaitu sekitar 10-15% pasangan yang memiliki masalah ketidaksuburan di Amerika Serikat banyak disebabkan karena alasan kesehatan yang terjadi pada wanita atau laki laki. Penyebab umum yang sering terjadi sulit hamil pada perempuan yaitu disebabkan karena masalah ovulasi, dimana pelepasan telur yang matang yang kemudian berjalan menuju tuba falopi untuk dibuahi. 

Tanda umum lain yang sering ada pada perempuan yang sulit hamil atau sulit memiliki keturunan adalah periode datang bulan yang abnormal atau tidak teratur yang disebut dengan masalah ovulasi. Di bawah ini adalah beberapa penyebab wanita sulit hamil dikarenakan masalah ovulasi :

10 Penyebab Lama Hamil Setelah Menikah:

1. Menoupause Dini
Terjadinya menoupause dini adalah kekurangan atau hilangnya menstruasi yang ditandai dengan folikel ovarium yang terjadi sebelum wanita tersebut memasuki usia 40 tahun. Perempuan memasuki menoupause dini apabila fungsi ovarium dan datang bulan berhenti sebelum waktunya.

Menopause dini dapat disebabkan oleh karena beberapa sebab diantaranya radiasi yang memicu kekebalan di dalam tubuh wanita tersebut.

2. Kerusakan Yang Terjadi Pada Saluran Telur (Tuba)
Kerusakan yang terjadi pada saluran telur seperti penyumbatan atau adanya jaringan perut yang disebabkan karena meradangnya saluran tuba sehingga dapat mempengaruhi kesuburan. Kerusakan tersebut dapat disebabkan karena infeksi penyakit menular sek*ual. 

Kasus lainnya dapat dikarenakan penyumbatan penyakit karena radang panggung atau pasca operasi kehamilan ektopik.

3. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)
Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS) merupakan kondisi yang mengakibatkan terjadinya produksi hormon androgen dan salah satu penyebab terjadinya gangguan kesuburan pada wanita

Ketidakseimbangan hormon ini akan mengakibatkan PCOS bermasalah dengan ovulasi dan dapat mengakibatkan terganggunya siklus datang bulan.

4. Endometriosis
Endometriosis adalah jaringan rahim yang tumbuh di bagian luar rahim sehingga dapat mempengaruhi indung telur, saluran telur, telur, rahim dan juga fungsi spe*ma. Pada kasus yang ringan, konsepsi mungkin dapat terjadi karena tidak semua wanita mengalami gangguan kesuburan.

5. Ovarium jaringan parut

Ovarium jaringan parut adalah kerusakan fisik yang terjadi pada ovarium yang dapat mempengaruhi ovulasi wanita, kerusakan ini dapat disebabkan karena pembedahan akibat terjadinya kista ovararium.

6. Adhesi Pelvis
Adhesi Pelvis adalah jaringan perut yang diakibatkan karena terjadinya operasi panggul, usus buntu dan dapat mengganggu kesuburan yang mengubah struktur saluran tuba dan mengalami perjalanan yang sulit pada telur wanita. 

Sehingga seringkali mengakibatkan gangguan pada kesuburan wanita akibat saluran yang terhambat.

7. Tiroid
Hipertitodisme kondisi ini dapat dikarenakan adanya kelenjar tiroid abnormal yang terlalu aktif, sedangkan tiroid hipotorodisme merupakan kondisi dikarenakan tiroid tidak aktif, kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan masalah kesuburan pada wanita.

8. Terapi Kanker
Ketika sedang menjalani radioterapi atau pengobatan kanker dapat mengganggu dan dapat mengakibatkan sistem reproduksi pria atau wanita terganggu. Penelitian ini menunjukkan adanya penurunan pada kesuburan wanita yang disebabkan karena efek samping dari radiasi. 

Meskipun demikian kondisi ini akan tergantung pada bagian tubuh yang terkena kanker dan terpapar sinar radiasi.

9. Pola dan Gaya Hidup
Kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat akan dapat mempengaruhi kesuburan salah satu diantaranya adalah pecandu rokok atau makanan cepat saji yang banyak mengandung lemak tidak sehat. 

Perhatikan pula konsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan gangguan kesuburan, usahakan konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk pencegahan obat obatan tertentu.

10. Faktor Usia
Faktor terakhir, adalah usia, usia akan mempengaruhi kesuburan, wanita yang memiliki usia lebih dari 40 tahun akan memiliki jumlah sel telur kurang sehat dan lebih rendah sehingga apabila mengalami kehamilan di usia ini akan beresiko keguguran yang lebih tinggi.

Demikian sedikit info tentang beberapa penyebab lama hamil setelah menikah ini, mohon maaf apabila ada kekurangan, mohon bagikan jika dirasa bermanfaat untuk Anda dan orang lain sekitar Anda yang membutuhkan, cukup sekian dan terima kasih telah berkunjung.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar