Skip to main content

4 Cara dan Tips Untuk Mencegah Keguguran

Tips Untuk Mencegah Keguguran
4 Cara dan Tips Untuk Mencegah Keguguran - dikutip dari vemale.com kehamilan adalah masa yang sangat penting dan paling ditunggu bagi pasangan yang baru menikah maupun yang telah lama menikah. Sangat banyak pengalaman dan tantangan yang dialami selama masa kehamilan, seperti rasa cemas dan was-was yang meningkat saat masa kehamilan, salah satunya seperti takut mengalami keguguran.

Keguguran dapat disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari pola hidup yang tidak sehat hingga komplikasi kesehatan yang dialami oleh sang calon ibu. Dibawah ini terdapat beberapa tips untuk mencegah dan terhindar dari keguguran, yang perlu diperhatikan dan dilakukan :

4 Cara dan Tips Untuk Mencegah Keguguran:

1. Hindari Menkonsumsi Makanan yang Dapat Menyebabkan Rasa Panas
Ibu hamil tidak disarankan mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan rasa panas pada perut. Setidaknya di trimester pertama masa kehamilan, kurangi dan batasi konsumsi makanan yang pedas-pedas dan panas, seperti buah-buahan nanas dan pepaya, dan lain sebagainya.

Dilansir dari boldsky.com, keguguran dapat terjadi sebelum atau sesudah detak jantung bayi muncul. Dengan kata lain, keguguran dapat terjadi kapan saja. Hanya saja trimester pertama adalah yang paling krusial dan perlu diwaspadai. Jadi penting sekali untuk sangat berhati-hati saat awal masa kehamilan.

2. Hindari Bepergian Terlalu Jauh dan Lama
Pada awal kehamilan, sedapat mungkin hindari bepergian atau melakukan perjalanan yang terlalu jauh dan lama. Dikarenakan akan sangat berisiko kepada janin yang belum terbentuk sempurna. Selain itu, kesibukan atau aktivitas yang terlalu berat juga jangan sampai membuat calon ibu terlalu kecapekan dan kelelahan.

3. Sebisa Mungkin Hindari Makanan Cepat Saji (Junk Food)
Bahan pengawet, perasa tambahan, pewarna, dan bahan-bahan yang terdapat pada makanan cepat saji bisa dibilang tidak sehat dan tidak baik untuk ibu hamil. Menghindari makanan cepat saji juga bisa menjadi cara yang paling efektif agar terhindar dari keguguran.

Konsultasi ke dokter atau bidan sangat perlu dilakukan secara rutin. Agar kesehatan si calon ibu dan janin bisa terus terpantau. Apalagi jika sebelumnya si calon ibu  memiliki riwayat pernah keguguran, maka pengawasan perlu dilakukan dengan lebih ketat lagi.

4. Hindari dan Kelola Stres
Pada masa kehamilan stres dan perasaan tertekan bisa meningkatkan risiko keguguran. Kelola stres dan usahakan untuk selalu memiliki emosi yang stabil dan tenang agar kandungan bisa tetap terjaga dengan baik. Bila perlu, ikuti olahraga khusus ibu hamil untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh serta pikiran.

Itu tadi tips-tips paling dasar agar terhindar dari keguguran yang perlu diwaspadai. Dan perlu diketahui juga bahwa kondisi ibu hamil bisa saja berbeda pada tiap-tiap wanita. Jadi sebaiknya konsultasi dan cek rutin ke bidan atau dokter wajib untuk dilakukan selama kehamilan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar