Skip to main content

Cara Mengetahui Tanda-tanda dan Ciri Haid Tidak Normal

Cara Mengetahui Tanda-tanda dan Ciri Haid Tidak Normal
Cara Mengetahui Tanda-tanda dan Ciri Haid Tidak Normal - selamat datang kembali di blog ini, sudah lama admin tidak pernah membuat artikel baru di blog ini, dikarenakan memang admin memiliki kesibukan yang tidak bisa ditunda, baik kali ini admin akan sedikit berbagi informasi, yaitu tentang bagaimana cara mengecek haid yang yang tidak normal. Untuk mengetahui haid kita normal atau tidak memang seharusnya kita datang dan berkonsultasi ke dokter, namun sebelum kamu pergi ke dokter kita dapat mengeceknya sendiri.

Secara umum, sebenarnya terdapat lima gejala haid yang kita alami kemungkinan tidak normal. Kalau kamu mengalami beberapa tanda tersebut, ada baiknya kamu mencari penanganan langsung ke dokter, ya, dibawah ini adalah 5 tanda jika haid kamu tidak normal :

Bagaimana Ciri haid yang tidak normal?

1. Merasakan nyeri haid yang parah
Nyeri haid adalah hal normal yang sering dialami wanita ketika menjelang atau saat sedang haid. Tetapi seperti yang dilansir oleh familyshare.com, jika nyeri yang dirasakan sangat parah atau berlebihan sehingga membuat sampai susah bangun dari tempat tidur, sebaiknya kamu berkonsultasi ke dokter. 

Salah satu gejala haid yang tak normal adalah nyeri haid yang yang terasa lebih parah dari biasanya. Hal ini bisa jadi menjadi tanda kamu mengalami endometriosis.

2. Terlambat sampai 3 kali siklus haid berturut-turut
Menurut Cleveland Clinic, jika kamu telat haid sampai lebih dari 90 hari (3 bulan), ini adalah gejala yang dianggap tidak normal. Kecuali jika memang kondisi kamu masih remaja dan baru pertama kali mengalami haid, baru saja melahirkan, sedang menyusui, atau menjelang menopause. 

Penyebab terlambat haid ini bisa bermacam-macam, bisa dikarenakan faktor diet, penggunaan alat kontrasepsi, atau mengalami kanker serviks.

3. Darah haid yang keluar lebih dari 7 hari
Rata-rata setiap wanita mengalami haid kurang lebih 5-7 hari. Jika darah haid kamu keluar lebih dari seminggu, saatnya kamu harus melakukan pemeriksaan ke dokter.

4. Keluar darah di antara siklus haid
Seperti yang dikutip dari Mayo Clinic, keluarnya darah dari Miss V saat sedang tidak berada pada siklus haid penyebabnya bisa sangat beragam dan berhubungan dengan sistem reproduktif. 

Sangat penting untuk selalu mencatat atau setidaknya menandai siklus haid kamu setiap bulannya untuk bisa memperhatikan normal tidaknya darah yang keluar dari Miss V.

5. Sulit atau merasakan sakit ketika buang air kecil
Gejala yang satu ini merupakan salah satu gejala kanker rahim. Kanker rahim akan membuat mulut rahim bengkak sehingga menekan kandung kemih dan akan merasakan kesulitan atau bahkan sakit ketika buang air kecil.

Nah jika kamu mengalami tanda atau gejala yang tersebut diatas, segera periksakan diri ke dokter, ya. Jangan sampai semua terlambat karena kita mengabaikan sinyal-sinyal yang dikirimkan oleh tubuh kita sendiri.

Cukup sekian posting tentang cara mengetahui tanda-tanda haid tidak normal ini, semoga bermanfaat dan terima kasih, silahkan bagikan jika dirasa bermanfaat untuk orang lain.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar