Skip to main content

Mengenal Lebih Dalam Perbedaan Jalan dan Lari

Perbedaan Jalan dan Lari
Mengenal Lebih Dalam Perbedaan Jalan dan Lari - Membahas mengenai perbedaan jalan dan lari, masih banyak orang yang belum memahaminya dengan baik. Jika ditanya mengenai perbedaan dari jalan dan lari, banyak yang berpendapat bahwa jalan adalah langkah lambat dan lari adalah langkah cepat. Sebenarnya, pandangan tersebut tidak salah, hanya saja kurang tepat jika digunakan. Jalan adalah gerakan melangkahkan kaki yang dapat dilakukan ke segala arah, baik depan, kanan, kiri bahkan belakang. Gerakan jalan ini menggunakan tumpuan seluruh bagian dari kaki, kecepatan setiap langkahnya pun cukup konstan. 

Sedangkan lari sendiri merupakan gerakan yang dilakukan dengan menggunakan tumpuan ujung kaki bagian depan saja. Selain itu lari memiliki kecepatan melangkah yang lebih cepat dibandingkan dengan jalan. 

Namun bukan berarti jalan dan lari hanya dibedakan dari kecepatannya saja. Pada dasarnya, gerakan yang sama dengan gerakan jalan namun memiliki kecepatan yang lebih dibanding jalan dinamakan sebagai jalan cepat. Jadi pada dasarnya, jalan dan lari bukanlah gerakan yang dapat disamakan dan dibedakan berdasarkan kecepatannya saja.

Perbedaan Jalan dan Lari:

Yang membedakan antara jalan dan lari adalah pada gerakan keseluruhan dari keduanya. Perhatikan gerakan antara jalan dan lari dengan seksama, keduanya memiliki perbedaan yang sangat jelas. 

Ketika Anda berjalan, Anda akan menggerakkan kaki di mana selalu ada kontak antara kaki dan tanah yang dipijak. Berbeda dengan gerakan lari, walaupun sama-sama melangkahkan kaki namun ada saatnya kedua kaki tidak melakukan kontak dengan tanah. 

Walaupun hanya sesaat, ada kalanya tubuh melayang dan kemudian kembali lagi kaki berpijak di tanah. Gerakan tersebut dilakukan secara berulang, hal itulah yang menjadi perbedaan jalan dan lari. 

Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa jalan dan lari memiliki perbedaan pada gerakannya. Selain itu, gerakan jalan biasanya tidak akan membuat Anda harus menggerakkan seluruh badan Anda. Bahkan ketika Anda melakukan jalan cepat, mungkin Anda hanya akan menggerakkan kaki dan juga tangan Anda.


Berbeda dengan lari, gerakannya akan membuat Anda harus menggerakkan seluruh badan. Seperti yang telah dijelaskan, ada kalanya Anda melayang walaupun hanya sesaat. Pada saat melayang tersebutlah, seluruh badan Anda bergerak lebih dari saat berjalan.

Itulah perbedaan dari jalan dan lari secara menyeluruh, semoga setelah membaca ulasan tersebut Anda tidak bingung lagi untuk membedakannya. Membedakan lari dan jalan bukan hanya dari kecepatan gerakannya saja. 

Namun bukan berarti pendapat tersebut salah, hanya saja masih kurang tepat. Jalan dan lari sama-sama dapat dijadikan olahraga yang bagus untuk kesehatan tubuh. Namun dilihat dari gerakan yang dilakukan, lari merupakan olahraga yang dapat membakar kalori lebih banyak dibanding jalan. 

Demikian yang dapat disampaikan mengenai perbedaan jalan dan lari, terima kasih telah membaca ulasan ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar