Skip to main content

Perbedaan Massa dan Berat dalam Ilmu Fisika

Perbedaan Massa dan Berat dalam Ilmu Fisika
Perbedaan Massa dan Berat dalam Ilmu Fisika - Bagi sebagian orang awam, pengertian massa dan berat sering disamakan. Memang keduanya adalah sama-sama sifat benda. Namun, dalam ilmu fisika kedua sifat benda tersebut sama sekali tidak sama dan akan sangat fatal bagi seseorang yang belajar ilmu fisika namun tidak dapat membedakan antara massa dan berat.

Perbedaan Massa dan Berat:

Massa pada dasarnya adalah usaha benda mempertahankan kondisinya saat diam maupun bergerak. Sedangkan berat adalah suatu efek ketika gaya gravitasi mempengaruhi suatu massa benda.

Massa lebih bersifat konstan daripada berat yang dipengaruhi gaya gravitasi bumi. Seseorang yang lebih dekat dengan titik medan magnet bumi atau kutub bumi tentu akan memiliki berat yang lebih besar daripada yang lebih jauh dari kutub. 

Contoh lainnya adalah apabila seorang astronout sedang berada di luar angkasa, ia akan berjalan melayang-layang seakan ia tidak memiliki berat sama sekali. Sifat astronot yang berubah layaknya kertas ini disebabkan karena rendahnya atau tidak adanya gaya gravitasi yang ada di ruang angkasa. 

Massa sebuah benda akan selalu sama dimanapun benda tersebut berada. Massa sebuah bola besi akan sama meskipun ia dibawa ke lembah atau puncak gunung.

Massa juga dapat mendefinisikan adanya ruang atau volume yang ada dalam suatu benda, sedangkan berat hanya sebatas implikasi dari beban benda yang berkaitan dengan gaya gravitasi. Apapun yang berada di atas bumi tentu akan “menempel” pada bumi. 

Ketika sebuah benda tenggelam di laut, berat benda tersebut menjadi berkurang. Hal ini dikarenakan daya apung atau dorongan dari bawah air yang menantang arah gravitasi bumi. 

Berat memiliki rumus tersendiri yaitu berat benda sama dengan perkalian antara massa benda dan percepatan gravitasi. Massa benda adalah volume benda itu sendiri. Hal ini tentu menjadi hal yang perlu digaris bawahi, bahwa percepatan gravitasi turut mempengaruhi besarnya berat suatu benda. 

Percepatan gravitasi di Bumi tentu akan berbeda dengan percepatan gravitasi di Bulan atau di ruang hampa angkasa yang sama sekali tidak memiliki percepatan gravitasi, sehingga berat bendanya adalah nol.

Dari beberapa hal yang kami paparkan, satu hal yang dapat digaris bawahi mengenai perbedaan massa dan berat, yaitu bahwa massa bersifat tetap dan tidak terpengaruh oleh gaya gravitasi bumi. Sedangkan berat sangat berkaitan dengan gaya gravitasi. 

Berat manusia di bulan dengan berat manusia di bumi akan sangat berbeda tergantung gaya gravitasinya. Massa sendiri memiliki besaran skalar, dan berat memiliki skala besaran vector. 

Massa juga memiliki alat ukur yang disebut neraca, sedangkan untuk berat alat ukurnya disebut neraca pegas. Seperti yang kita ketahui, massa memiliki satuan kilogram, sedangkan berat memiliki satuan Newton.

Kesimpulan:

Massa Berat
Tidak tergantung dengan gaya gravitasi Bergantung pada gaya gravitasi
Besaran skalar Besaran vektor
Ukuran dari kelembaman suatu benda Gaya bekerja paad sebuah benda
Makin besar massa suatu benda maka makin sulit untuk digerakkan Besar kecilnya berat suatu benda yang bekerja tergantung dari gaya yang bekerja
Nilai massa berdiri sendiri Nilai berat bergantung pada gaya yang bekerja pada benda tersebut

Itulah tadi ulasan perbedaan massa dan berat dalam ilmu fisika, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda semua, sekian kali ini terima kasih telah berkunjung diblog ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar