Skip to main content

5 Cara dan Tips Menjaga Kesehatan Janin Selama Masa Kehamilan

Tips Menjaga Kesehatan Janin Selama Masa Kehamilan
5 Cara dan Tips Menjaga Kesehatan Janin Selama Masa Kehamilan - saat-saat kehamilan yang paling ditunggu adalah lahirnya seorang anak di dalam dunia ini, kebahagiaan yang luar biasa pastinya dirasakan oleh semua pasangan yang sangat mendambakan buah hati, apalagi bagi mereka yang telah lama menginginkan buah hati, dengan begitu kesehatan janin pastinya harus dijaga dengan sebaiknya-baiknya. Cukup yang wajib calon ibu mengerti dan pahami bahwa ada beberapa hal yang berdampak buruk bagi perkembangan janin bahkan mengakibatkan kelainan permanen. Berikut dibawah ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diwaspadai agar janin tetap sehat di dalam kandungan.

Seperti yang dikutip dari livestrong.com, bahwa terdapat beberapa hal yang dapat mengganggu perkembangan dan kesehatan janin selama masa kehamilan, antara lain :

5 Cara dan Tips Menjaga Kesehatan Janin Selama Masa Kehamilan

1. Teratogen
Teratogen adalah sebuah kandungan yang ada dan berasal di lingkungan sekitar, dimana ketika diserap atau dicerna oleh ibu yang sedang hamil, bisa menganggu kesehatan janin dengan melewati plasenta dan masuk ke aliran darah bayi.

Teratogen dapat ditemukan dari obat-obatan dan minuman beralkohol. Tipe teratogen lainnya dapat ditemukan pada penyakit herpes atau HIV.

2. Hindari Obat-obatan dan Minuman beralkohol
Seperti yang telah disebutkan diatas, selain mengandung teratogen akibat lain dari alkohol yang pernah dikutip dari American Council for Drug Education menjelaskan bahwa mengkonsumsi minuman beralkohol yang berlebihan dapat membuat anak terkena Fetal Alkohol Syndrome (FAS) atau suatu kondisi dimana dapat menyebabkan anak terkena kelainan wajah, penyakit komplikasi jantung, dan keterbelakangan mental.

3. Hindari Merokok
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Northwestern Michigan College, ibu yang sedang hamil dan merokok akan beresiko 28% mengalami keguguran, melahirkan prematur atau melahirkan bayi dengan bobot rendah.

Selain itu merokok dapat menyebabkan kadar oksigen di aliran darah juga berkurang yang bisa menyebabkan kelainan syaraf pada bayi.

Baca juga: 28 Kebiasaan buruk yang harus dihindari agar cepat hamil

4. Hindari Makanan yang tidak sehat
Hindari makanan yang kurang matang karena dapat dimasuki bakteri listeria. Akibatnya bayi bisa lahir prematur bahkan meninggal. Mengkonsumsi ikan atau seafood dalam jumlah banyak juga bisa menyebabkan keracunan metilmercuri yang dapat menyebabkan terhambatnya pembelajaran, keahlian kognitif, dan menimbulkan masalah pada daya ingat si janin.

5. Faktor Lingkungan
Sebisa mungkin Anda menghindari lingkungan yang mengandung bahan-bahan kimia seperti asap pabrik, bau sampah atau limbah karena bisa jadi racun bagi calon bayi.

Itulah tadi tips menjaga kesehatan janin selama masa kehamilan, semoga Anda dapat menjaga calon bayi yang sedang dikandung dengan baik dan benar, silahkan bagikan jika dirasa bermanfaat, dan terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar