Skip to main content

Cara Merawat Rambut Sehari-hari Agar Tetap Sehat dan Indah

Cara Merawat Rambut Sehari-hariCara Merawat Rambut Sehari-hari Agar Tetap Sehat dan Indah - kali ini admin akan berbagi sedikit tips yaitu cara merawat rambut sehari-hari tips ini sangat berguna sekali khususnya pada kaum wanita. Bagi kebanyakan kaum wanita, kondisi rambut yang sehat dan indah adalah hal yang paling sangat didambakan dan di inginkan. Mengingat rambut adalah mahkota bagi wanita dan sangat menunjang penampilan. Akan tetapi, tidak jarang permasalahan rambut bermunculan yang pastinya membuat resah. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi adalah rambut yang kering. Rambut kering ini akan mengakibatkan rambut menjadi mengembang dan bercabang sehingga rambut pun jadi tidak sehat lagi.

Untuk mengembalikan keindahan dan kesehatan rambut, kamu bisa melakukan perawatan sehari-hari agar tetap terjaga kelembutannya dan kelembabannya. Tapi sebelum itu sebaiknya kamu mengetahui beberapa penyebab rambut menjadi kering dibawah ini :

Penyebab rambut kering dan bercabang :
  1. Terlalu lama terkena sinar matahari sehingga menyebabkan rambut yang semula lembut dan lembab berubah menjadi kering dan mengembang.
  2. Penggunaan zat kimia yang berlebihan pada rambut, seperti semir, cream pelurus rambut , hair sprau dan lain sebagainya,  penggunaan produk perawatan rambut memang boleh, namun dengan catatan tidak berlebihan dan pastikan produk tersebut aman.
  3. Polusi udara dan lingkungan yang kotor , yang secara tidak sengaja polusi dan kotoran tersebut menempel di rambut.
  4. Shampoo yang tidak cocok dengan rambut. 
  5. Pengeringan rambut yang salah, yaitu dengan langsung mengeringan dengan hair dryer saat rambut masih sangat basah.
Berkaitan dengan penyebab kerusakan rambut di atas, dapat disimpulkan beberapa tips cara merawat rambut agar tetap terlihat sehat, maka tips ini dibagi menjadi dua, yaitu tips pertama perawatan rambut secara alami dan tips kedua dengan kebiasan baik yang harus dilakukan agar rambut tetap lembab dan sehat.

Baca juga: Cara merawat rambut berhijab agar tidak cepat bau

Kedua tips ini diharapkan mampu mengatasi rambut rusak serta dapat menjaga rambut agar tetap lembut dan sehat. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk perawatan rambut sehari-hari ini cukup mudah didapat dan tidak sulit untuk didapatkan. Di bawah ini adalah cara merawat rambut dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Cara merawat rambut sehari-hari dengan bahan alami :


1. Madu dan perasan air jeruk lemon
Menggunakan madu dan campuran perasan jeruk lemon, cukup efektif mengatasi rambut yang kering dan bercabang. Campurkan kedua bahan tersebut sebanyak masing-masing dua sendok makan. Setelah kedua bahan telah tercampur dengan rata, oleskan pada rambut kamu sampai merata dari akar sampai ujung rambut. Diamkan selama kurang lebih 40 menit , tutup dengan handuk maupun shower cup. Bila sudah 40 menit, segera bilas rambut Anda dengan air sampai bersih.

2. Buah alpukat
Buah alpukat mempunyai banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk mengatasi rambut yang kering dan bercabang.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Kamu harus memilih buah aplukat yang matang. Kemudian haluskan buah alpukat tersebut lalu oleskan secara merata pada rambut dari akar sampai ujung rambut. Tunggu sampai 20 menit dan bilas rambut dengan air sampai bersih.

3. Perasan air jeruk nipis
Cara perawatan menggunakan air jeruk nipis oleskan secukupnya pada rambut air perasan jeruk nipis dari akar sampai ujung rambut sampai merata. Tunggu sampai 30 menit dan bilas dengan air sampai bersih.

4. Minyak zaitun
Kamu dapat menggunakan minyak zaitun satu kali dalam dua atau satu minggu. Cara menggunakannya pun cukup mudah hanya dengan mengoleskan minyak zaitun pada rambut yang masih basah sebelum melakukan keramas. Diamkan rambut dalam waktu lima menit. Setelah lima menit usai, segeralah keramas dengan shampoo.

5. Cuka apel
Cuka apel sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut rusak dan dapat melembutkan rambut. Penggunaan yang tepat akan membuat rambut menjadi lebih halus. Cara menggunakannya dengan menambahkan beberapa bahan lain.

Campurkan cuka apel sebanyak 1/2 cangkir dengan satu sendok makan minyak gandum dan dua cangkir air putih. Oleskan campuran ketiga bahan tersebut pada rambut basah. Lakukan ini setelah selesai keramas dan diamkan selama 10 menit. Setelah 10 menit berlalu, bilas segera dengan air bersih sampai rambut benar-benar bersih. Kamu dapat menggunakan kondisioner untuk mengurangi aroma menyengat dari cuka apel.

6. Lidah buaya
Kandungan lidah buaya sangat bermanfaat untuk rambut. Caranya adalah dengan mengoleskan pada rambut sampai rata kemudian membilasnya sampai bersih. Gel lidah buaya memang sudah banyak diproduksi oleh produk perawatan rambut. Akan tetapi gel lidah buaya yang alami jauh lebih baik.

7. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B
Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B. karena bermanfaat untuk menguatkan rambut dan dapat membuat rambut kamu tidak kering. Makanan yang banyak mengandung vitamin B seperti kacang-kacangan, buah pisang dan juga telur.

Kebiasaan sehari-hari yang baik untuk rambut :
  1. Bersihkan rambut dengan rutin, 
  2. Hindari menggosok rambut dengan kasar, karena gesekan yang kasar dan keras akan mengakibatkan rambut menjadi rusak, 
  3. Menyisir rambut dengan lembut dan benar, gunakan gigi sisir yang lebar, 
  4. Kurangi pemakaian hair driyer atau pengering rambut, 
  5. Kurangi pemakaian bahan kimia yang berbahaya bagi rambut, 
  6. Potong rambut secara rutin, 
  7. Gunakan kondisioner, dapat membantu melembabkan rambut, 
  8. Gunakan penutup rambut, agar terhindar dari sinar matahari lama-lama
Demikian tips cara merawat rambut sehari-hari diatas, semoga bermanfaat dan selamat mencoba, terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar