Skip to main content

9 Manfaat Ampuh Susu Kunyit Bagi Kesehatan

Manfaat Susu Kunyit Bagi KesehatanManfaat Susu Kunyit Bagi Kesehatan - Kunyit, siapa sih yang tidak tahu dengan rempah sekaligus bumbu dapur yang satu ini, selain di buat bumbu dapur tanaman kunyit ini juga memiliki banyak sekali manfaat, terutama jika kamu membuatnya sebagai minuman. Sudah sejak lama nenek moyang kita memakai kunyit sebagai pengobatan tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Minuman susu kunyit ini biasa diminum oleh orang-orang di negara India, mereka sering meminum ramuan susu dan kunyit ini untuk menjaga kesehatan mereka ketika ada acara budaya maupun sehari-hari, dibawah ini adalah beberapa manfaat minuman susu kunyit :

Manfaat Minuman Susu Kunyit :

1. Mengobati sakit pilek dan batuk
Kunyit memiliki kandungan yang  bersifat antiseptik dan anti-inflamasi yang dapat melawan infeksi serta dapat mengatasi gejala batuk atau pilek. Minuman herbal susu kunyit ini sangat efektif dalam mengatasi batuk kering.

2. Dapat mendetoksifikasi tubuh
Tanaman kunyit telah lama digunakan oleh nenek moyang kita sebagai pembersih darah. Jenis rempah ini juga dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah dan dapat merangsang sistem limfatik. Kunyit juga dapat membantu kesehatan hati dalam mendetoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh.

3. Mengurangi sakit arthritis dan nyeri sendi
Dengan sifat yang dimiliki kunyit yaitu anti-inflamasi yang memiliki kemampuan untuk menenangkan dan mengurangi rasa sakit pada pembengkakan dan peradangan yang terkait dengan arthritis. Minuman ini juga dapat memperkuat tulang dan sendi, serta meningkatkan fleksibilitas tubuh.

4. Menyembuhkan sakit kepala
Tanaman kunyit kaya akan antioksidan serta mengandung beberapa nutrisi yang baik, sehingga dapat digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit untuk sakit kepala, terutama sakit kepala yang diakibatkan oleh pikiran atau stress.

5. Dapat meningkatkan imun atau kekebalan tubuh
Sifat antivirus yang dimiliki kunyit ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh atau imun secara alami dan dapat mencegah infeksi virus. Kunyit juga dapat melindungi tubuh dari infeksi seperti hepatitis. Penelitian juga menunjukkan bahwa kunyit juga mampu memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer, dan bahkan mengurangi risiko Anda terkena kanker.

6. Dapat meningkatkan kualitas tidur
Dengan meminum segelas susu hangat dan ditambahkan kunyit, satu jam sebelum tidur, dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Sebab, kandungan serotonin dan melatonin pada susu, sangat bermanfaat untuk otak dan memiliki peran penting dalam siklus tidur.

7. Mengurangi kram ketika menstruasi
Meminum segelas susu kunyit setiap hari dapat mengurangi kram perut pada saat menstruasi. Hal ini dikarenakan kunyit memiliki sifat antispasmodic, serta memiliki beberapa nutrisi penting yang dapat mengurangi kram menstruasi.

8. Menurunkan berat badan
Senyawa yang terdapat dalam kunyit dapat membantu tubuh untuk memecah lemak, sehingga dapat membantu Anda menurunkan berat badan secara cepat.

9. Menghaluskan kulit
Kunyit juga telah lama digunakan sebagai salah satu bahan kosmetik untuk perawatan kecantikan, dan dapat membuat awet muda.

Cara membuat susu kunyit :

Campurkan 1/2 Sdt kunyit bubuk dengan 1 Cangkir susu sapi hangat, jika Anda tidak memiliki kunyit bubuk, ambil satu atau dua ruas jari batang kunyit, kemudian parut , tambahkan air dan susu sapi secukupnya, kemudian rebus, 3 - 5 menit , lalu saring, Anda dapat menambahkan gula atau madu sesuai selera, Atau Anda dapat menambahkan sedikit lada bubuk agar dapat menghangatkan badan, minum selagi hangat agar lebih nikmat.

Jika Anda tidak suka susu sapi, Anda dapat menggantinya dengan susu kental manis.

Cukup sekian artikel tentang manfaat susu kunyit ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar