Skip to main content

Mengenal Apa itu Kelainan Rahim dan Jenisnya

Mengenal Apa itu Kelainan Rahim dan JenisnyaMengenal Apa itu Kelainan Rahim dan Jenisnya - Selamat datang Bunda, kali ini admin akan sedikit berbagi info kesehatan yaitu tentang kelainan rahim, pertanyaan yang sering timbul adalah samakah kelainan rahim dengan kanker rahim?, Mungkin pertanyaan ini selalu berputar di benak Bunda saat mendengar kata kelainan rahim. Faktanya adalah, kelainan rahim ternyata berbeda dengan kanker rahim.



Dikutip dari situs anneahira.com menerangkan bahwa yang disebut dengan kelainan rahim adalah kondisi dimana organ yang berhubungan dengan bentuk rahim tidak normal, seperti jumlah rahim, serta letak bagian tertentu pada rahim. Sementara itu, kanker rahim lebih disebabkan oleh sel kanker yang tumbuh di dalam rahim dan menjadi kanker.

Dijelaskan pula dalam anakku.net, rahim wanita yang normal biasanya berbentuk seperti buah alpukat yang dibelah atau buah pir dengan ukuran 7,5 x 5 x 2,5 cm dan memiliki berat sekitar 30-50 gram. Namun, ada sekitar 3% dari seluruh wanita yang ternyata memiliki bentuk rahim yang berbeda. Kelainan rahim ini ada yang berbahaya dan ada juga yang tidak, dan dapat mempengaruhi kesuburan atau tidak, bergantung pada kasus yang dialami.

Yang terpenting adalah bagaimana cara mengetahui seperti apakah bentuk dan fungsi rahim yang normal? Untuk mengetahui ini Bunda haruslah pergi ke dokter spesialis , ada beberapa cara yang biasa digunakan praktisi medis, seperti dibawah ini :

Pertama
Histerosalfingografi, yaitu dengan cara memasukkan cairan kontras dalam saluran reproduksi wanita untuk melihat bentuk rahim.

Kedua 
Magnetic Resonance Imaging (MRI). Alat ini berfungsi untuk melihat rongga rahim, namun biaya untuk pemeriksaan ini mahal ya Bunda.

Ketiga
USG tiga dimensi yang dapat memberikan informasi tentang bentuk rahim Bunda.

Terkadang, kelainan pada rahim bisa juga dideteksi dan diketahui dengan mengetahui gejala seperti ibu yang sering mengalami keguguran atau wanita yang tidak pernah haid dan atau haid yang sangat sedikit. Namun, ilmu kedokteran sendiri juga menjelaskan bahwa mendeteksi kelainan rahim melalui cara ini kurang begitu akurat.

Ada baiknya Anda mengetahui lebih banyak tentang rahim dan kelainannya, khususnya jika Anda sedang siap-siap ingin memiliki momongan. Pengetahuan ini sangat penting karena banyak sekali kasus kelainan rahim yang dialami oleh wanita, baik bentuk maupun letaknya, dan masing-masing kelainan ini punya potensi berbeda terhadap keberhasilan kehamilan.

Baca juga: 28 Kebiasaan buruk yang harus dihindari jika ingin cepat hamil

Seperti yang dikutip dari anneahira.com merinci bahwa kasus jenis kelainan rahim yang disebut kelainan kongenital dan kelainan letak uterus. Merupakan kelainan bawaan dan untuk melakukan deteksi dini masih sulit dilakukan. Bentuk kelainan kongenital seperti tidak memiliki rahim, memiliki dua rahim, rahim tidak tumbuh/kecil, bentuk rahim menyerupai hati, rahim bertanduk atau rahim bersekat.

Jenis kelainan pada rahim tertentu bisa menghambat proses kehamilan, misalnya saja rahim yang berbentuk hati. Tindakan yang digunakan untuk mengatasi kelainan rahim ini dapat dilakukan dengan cara operasi untuk menghilangkan tonjolan pada rahim.

Di samping kongenital, ada juga kelainan rahim yaitu pada letak uterus. Seperti Bunda ketahui, posisi rahim yang normal terletak pada bagian tengah rongga panggul serta bagian uterus paling atas menghadap ke depan. Namun kelainan pada letak uterus bisa berupa hyperretofleksi (letak uterus terlalu ke belakang), perut gantung (uterus yang terlalu menonjol ke depan), prolapusu uterus (uterus yang menonjol di Miss V jadi posisinya turun) dan inversion uteri (uteris terbalik ke bawah).

Banyaknya kelainan rahim ini hendaknya membuat Bunda berpikir lebih bijak dan cermat jika ada kasus pasangan yang belum segera memiliki momongan. Cukup sekian artikel ini, semoga informasi ini bermanfaat ya. Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar