Skip to main content

Jenis Pemeriksaan Sebelum Melakukan IUI (Inseminasi)

Pemeriksaan Sebelum Melakukan IUI
Jenis Pemeriksaan Sebelum Melakukan IUI (Inseminasi) - IUI merupakan proses bantuan kehamilan dengan cara dimana sel spe**a disuntikkan ke dalam rahim pada saat seorang wanita mengalami ovulas atau masa subur, cara ini termasuk cara alternatif yang sering dilakukan oleh pasangan yang sulit mendapatkan keturunan, dengan metode ini dalam waktu dua minggu keberadaan janin sudah dapat diketahui dengan tes kehamilan.

Namun sebelum melakukan IUI ini, pasangan suami istri harus melakukan pemeriksaan awal seperti berikut :

Jenis Pemeriksaan Sebelum Melakukan IUI (inseminasi):

1. Bagi istri:


Sebelum melakukan pemeriksaan awal, biasanya dokter memerlukan data diri, riwayat kehamilan, dan siklus haid enam bulan terakhir, kemudian baru dilakukan pemeriksaan awal yang meliputi :
  1. Pemeriksaan ginekologis, untuk mengetahui ada atau tidaknya infeksi
  2. Pemeriksaan USG transv4gin4l
  3. Pemeriksaan HSG, untuk melihat keadaan saluran telur (apakah ada sumbatan atau tidak) dan rahim
  4. Pemeriksaan hormonal, untuk melihat FSH, LH, PS dan E2, pemeriksaan ini biasanya dilakukan pada wanita dengan siklus haid tidak lancar, amenorea, dan kurangnya respon terhadap obat pemicu ovulasi
  5. Trial sounding (sondase rahim), untuk mengetahui arah panjang leher dan rongga rahim
2. Bagi suami:

Beberapa pemeriksaan awal bagi suami
  1. Analisa spe**a untuk melihat apakah dimungkinkan untuk dilakukan inseminasi, termasuk pemeriksaan antibodi spe**a, pada hari perkiraan inseminasi, suami harus menahan ej***lasi setidaknya 2-3 hari untuk mendapatkan jumlah dan kualitas yang baik pada spe**a.
  2. Pencucian cairan spe**a, yang dilakukan minimal dua jam sebelum inseminasi, pencucian ini dilakukan untuk menghitung konsentrasi, mobilitas, dan morfologi sel spe**a, melalui pencucian ini, jumlah dan kualitas spe**a akan sedikit meningkat.
Demikian artikel tentang pemeriksaan sebelum melakukan IUI ini, dengan membaca sedikit artikel ini , diharapkan anda sudah ada bayangan ketika memutuskan untuk melakukannya, semoga bermanfaat , dan terima kasih .
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar