Skip to main content

Mengenal Apa itu Vlog Vlogger Ngevlog Vlogging dan Youtuber

Apa itu Vlog Vlogger Ngevlog Vlogging dan Youtuber
Mengenal Apa itu Vlog Vlogger Ngevlog Vlogging dan Youtuber - di jaman serba online seperti sekarang ini, apapun bisa dilakukan contoh yang palin sering kita temukan adalah dibidang jual beli online, transportasi online dan masih banyak lagi yang lainnya, nah sekarang ini pasti kamu sering kali mendengar atau melihat istilah vlog, vlogger, ngevlog, ngevlogging dan youtuber. Apa sih sebenarnya arti dari kata-kata tersebut?, bagi kamu yang penasaran, oke langsung saja simak ulasan dibawah ini,



Apa itu Vlog Vlogger Ngevlog Vlogging dan Youtuber?

Dibawah ini saya akan sedikit membahas pengertian tentang vlog, vlogger, ngevlog, vlogging dan youtuber beserta penjelasannya, oke langsung saja ya

1. Apa itu vlog ?
Istilah pertama yaitu vlog, apa sih vlog ini?, sebenaranya vlog ini adalah singkatan dari Video Blog atau Video Log, singkatnya vlog adalah konten yang berupa video, baik video pribadi seseorang maupun video yang dibuat secara kelompok.

A. Apa itu Video blog?
Nah sekarang apa sih pengertian dari video blog sebenarnya?, kata vlog berasal dari bahasa Inggris, dan kamu tidak akan pernah menemukan kata vlog ini di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), jika kamu mencari di pencarian google dengan kata kunci Vlog mean, kamu akan menemukan penjelasan dalam bahasa Inggris yaitu :

 “a blog in which the postings are primarily in video form”

Jika kita terjemahkan dalam bahasa Indonesia vlog adalah Sebuah blog yang memiliki posting utama dalam bentuk video,

Lalu apa itu blog?

Blog juga merupakan singkatan dari Web Blog, jika di artikan dalam bahasa Indonesia, blog adalah catatan baik pribadi maupun kelompok, yang di tulis dan di posting serta di publish dalam suatu website, bisa disebut juga dengan catatan online.

Kesimpulannya adalah, vlog adalah sebuah web blog yang semua kontennya (isi) berupa video, salah satu contoh nya adalah Youtube ini adalah salah satu blog video terbesar dan terkenal milik google. (meskipun banyak web video seperti Metacafe, Dailymotion,Vimeo, dll).

Nah dari situs Youtube ini lah muncul istilah youtuber, 

B. Apa itu ngevlog ?
Nah sekarang apa sih ngevlog itu?, kata ngevlog mempunyai dua suku kata, yaitu nge dan vlog, nge- sendiri adalah bahasa Indonesia yang diartikan sebagai kata kerja, jadi ngevlog artinya orang yang membuat konten video (merekam, mengedit dan memposting video tersebut di situs Youtube, Metacafe, Vimeo, Dailymotion, dll)

C. Apa itu vlogging ?
Sekarang kita akan membahas istilah vlogging, apa sih sebenarnya vlogging itu?, kata vlogging sama dengan kata ngevlog, hanya saja bedanya vlogging berasal dari bahasa Inggris, tambahan kata -ing di akhir kata, merupakan kata kerja,

Begitu juga dengan kata blogging, yang juga memiliki arti membuat konten di situs blog (web blog), baik berupa tulisan, gambar ataupun video.

D. Apa itu vlogger ?
Vlogger, nah istilah yang satu ini pasti juga sering mendengar itilah ini kan?, kata vlog mendapat tambahan er di belakang kata, jika dalam bahasa Inggris -er merupakan subject atau seseorang yang melakukan atau mengerjakannya.

Jadi vlogger adalah seseorang yang memiliki web blog dan aktif melakukan kegiatan membuat konten video, baik di media sosial (fb, instagram) ataupun youtube.

Hal ini juga berlaku untuk blogger, yaitu orang yang memiliki kegiatan dan aktif dalam membuat konten berupa tulisan, gambar atau video di situs milik nya, begitu juga sebutan untuk youtuber, yang berarti seseorang yang mempunyai akun youtube, dan aktif membuat konten video di channelnya.

Baca juga: Apa sih perbedaan vlog dan blog?

E. Apa itu youtuber ?
Seperti yang sudah dibahas diatas, bahwa youtuber adalah seseorang yang aktif membuat konten berupa video hanya di situs youtube saja,

Contoh seorang vlogger / youtuber yang sukses: Ria Ricis, Atta Halilintar, Dedy Corbuzier dan lain sebagainya.

Demikian uraian mengenai apa itu vlog, vlogger, ngevlog, vlogging dan youtuber, semoga tulisan di atas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu semua, mohon maaf apabila teradapat kekurangan, terima kasih telah berkunjung di blog ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar