Skip to main content

Mengenal Perbedaan Cerpen dan Novel

Perbedaan Cerpen dan Novel
Mengenal Perbedaan Cerpen dan Novel - Perbedaan cerpen dan novel ternyata cukup banyak, bagi Anda yang ingin mengetahuinya secara jelas silakan simak ulasan berikut ini. Cerpen dan novel merupakan hal yang sering dijumpai, keduanya sama-sama berisi cerita-cerita yang sebagian besar merupakan hiburan. Cerpen sendiri merupakan singkatan dari cerita pendek, berisi cerita-cerita yang hampir mirip dengan novel. Namun cerpen dan novel sendiri memiliki perbedaan yang cukup banyak. Ketahui perbedaannya tersebut dengan menyimak uraiannya berikut ini.

Perbedaan Cerpen dan Novel:

1. Alur
Jika dilihat dari alurnya, novel memiliki alur cerita yang lebih kompleks. Alur cerita dari novel lebih panjang, lebih rumit dan lebih luas. 

Sedangkan cerpen memiliki alur cerita yang lebih sederhana dan ruang geraknya terbatas atau sempit.

2. Pengaruh 
Konflik yang terjadi pada novel biasanya akan mengubah nasib dari tokoh. Sedangkan konflik yang terjadi pada cerpen biasanya tidak akan mengubah nasib dari tokoh tersebut.

3. Panjang cerita
Jika dilihat dari panjang cerita, pada novel biasanya akan bercerita mengenai sebagian besar kehidupan si tokoh. 

Sedangkan pada cerpen hanya berisi cerita mengenai kehidupan tokoh yang hanya dianggap penting-penting saja.

4. Penokohan
Untuk novel, karakter dari tokohnya akan disampaikan secara mendetail. Sedangkan karakter tokoh pada cerpen disampaikan yang penting saja atau tidak mendetail. Tidak hanya itu, novel akan memunculkan tokoh yang lebih banyak dengan berbagai karakter. 

Kehidupan yang diceritakan bahkan dapat berupa masa kecil dari si tokoh sampai ia meninggal. Sedangkan cerpen hanya menampilkan beberapa tokoh saja dan jalan ceritanya sangat singkat.

5. Latar
Latar dari novel biasanya akan lebih luas dan juga dalam waktu yang cukup lama. Sedangkan latar cerpen akan dilukiskan secara terbatas dan hanya sebentar.

6. Perwatakan
Perbedaan lain juga dapat dilihat dari perwatakan si tokoh. Novel umumnya menampilkan sedikit demi sedikit dari perwatakan tokoh. Perwatakan tersebut akan muncul secara perlahan pada beberapa bagian dari cerita serta lingkungan dari tokoh juga terlukis. 

Sedangkan cerpen menampilkan perwatakan tokoh yang sangat singkat dan langsung terarah sehingga terlihat lebih jelas.

7. Konflik
Novel menampilkan konflik yang tidak hanya terdiri dari satu konflik sehingga alurnya lebih terinci dan bercabang-cabang. 

Sedangkan konflik pada cerpen hanya terdiri dari satu konflik saja, berpusat pada satu klimaks.

Kesimpulan:

Cerpen Novel
Alur lebih sederhana, dengan ruang gerak yang sempit dan terbatas Alur lebih rumit dan lebih panjang, ruang gerak cerita yang luas, disertai dengan perubahan nasib dalam diri tokoh 
Tokoh yang dimunculkan hanya beberapa orang, jalan cerita yang dibangun pelauk singkat. Tokoh lebih banyak dalam berbagai karakter, jalan ceita yang dibangun lebih panjang, bahkan menceritakan kehidupan tokoh sejak kecil, dewasa, sampai meninggal.
Latar yang dilukiskan hanya sebentar dan sangat terbatas  Latar meliputi wilayah geografis yang luas dan dalam waktu yang lama
Tema mengupas pada masalah yang relatif sederhana Tema lebih kompleks ditandai oleh adanya tema-tema bawahan.
Perwatakan pelaku diungkapkan singkat, jelas dan langsung terarah. Perwatakan pelaku diungkapkan sedikit demi sedikit pada beberapa bagian cerita, lingkungan pelaku terlukis.
Menampilkan satu konflik, memusatkan pada satu klimak Menampilkan beberapa konflik dan klimak, sehingga alur cerita bercabang-cbang dan penyajiannya lebih terperinci.

Novel dan cerpen merupakan hal yang sangat berbeda, dilihat dari berbagai sisi. Novel biasanya menampilkan konflik batin, namun tidak pada cerpen yang tidak harus terjadi konflik batin. Cerita dapat disebut sebagai novel jika jumlah kata-katanya melebihi batas minimal yaitu 35 ribu kata.

Sedangkan cerpen biasanya hanya terdiri dari jumlah kata yang sedikit, maksimal hanya 10 ribu kata. Untuk membaca novel dibutuhkan waktu yang lebih lama dibanding membaca cerpen. Selain itu, masih banyak lagi perbedaan cerpen dan novel secara mendetail.

Demikian perbedaan novel dan cerpen yang harus kamu ketahui, semoga tulisan ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan Anda semua, terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di blog ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar