Skip to main content

7++ Contoh Surat Lamaran Kerja Resmi Via Email yang Baik dan Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja Resmi Via Email
7++ Contoh Surat Lamaran Kerja Resmi Via Email yang Baik dan Benar - Teknologi yang semakin canggih sekarang membantu seseorang dalam berbagai cara untuk meringankan pekerjaan. Salah satu yang dibuat untuk mempermudah dalam hal surat menyurat adalah teknologi pengiriman surat melalui internet atau yang disebut dengan e-mail (Elektronik Mail). Dengan teknologi ini surat tiba lebih cepat dan diterima langsung oleh penerima hanya dalam hitungan detik.

Dan pada saat ini sudah banyak perusahaan yang mengizinkan kepada calon karyawannya untuk mengirimkan surat lamaran via e-mail.

Hal tersebut tentu saja akan sangat menguntungkan perusahaan maupun bagi calon karyawan.

Bagi perusahaan, karena teknologi email mereka dapat mengurangi jumlah surat lamaran dalam bentuk kertas yang sudah mereka terima dan diarsipkan, selain itu juga dapat mempermudah perusahaan dalam membalas surat lamaran tersebut.

Keuntungan bagi calon karyawan adalah, Anda tidak perlu repot-repot mengantarkan atau mengirimkan surat lamaran yang Anda buat.

Tentunya dengan menggunakan cara ini adalah Anda akan lebih berhemat, efisien dan efektif.

Pada dasarnya membuat surat lamaran via email tidak berbeda seperti dalam format pembuatan surat lamaran kerja secara manual atau dicetak.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk mengirim surat lamaran pekerjaan melalui email, termasuk:
  • Siapkan surat lamaran pekerjaan Anda ke dalam format file di MS. Word, Notepad atau PDF dan format lain yang nantinya dapat diunggah atau diupload. 
  • Juga termasuk Curriculum Vitae 
  • Pindai diploma 
  • Pindai Sertifikat 
  • Pindai KTP 
  • Foto paspor 
  • Surat lain (seperti yang diminta oleh perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan)
Tata Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email:
  1. Simpan file ke dalam folder yang akan diunggah ke e-mail. Pastikan ukuran file tidak terlalu besar, karena sekali batas kirim email dibatasi hanya 25MB sekali kirim. File yang terlalu besar juga membuat proses upload panjang. Pastikan juga semua file yang Anda kirim sudah tersusun rapi dan tidak salah. 
  2. Pastikan Anda memiliki akun email yang aktif dan sering digunakan agar Anda bisa mendapatkan notifikasi balasan dengan cepat. Beberapa contoh akun email yang umumnya dimiliki oleh orang Indonesia adalah Gmail dan Yahoomail. Jika Anda tidak memiliki akun email, Anda dapat membuatnya menggunakan salah satu penyedia layanan email tersebut. Cara membuatnya mudah sehingga Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang sudah tersedia. 
  3. Pastikan akun email Anda memiliki nama yang sesuai dengan identitas Anda. Lebih baik gunakan nama lengkap agar terlihat lebih personal dan profesional. 
  4. Dalam proses pengiriman surat via email terdapat kolom tujuan (To :) yang dapat Anda gunakan untuk menulis alamat pengiriman surat tersebut. Alamat ini dapat berupa email perusahaan resmi, atau langsung di bagian rekrutmen. 
  5. Kolom CC atau BCC yang memiliki fungsi seperti salinan ke pihak-pihak yang terkait atau dibutuhkan. Tetapi ini dilakukan jika perlu. Kolom ini juga dapat Anda tulis posisi apa yang Anda lamar di perusahaan tersebut.
  6. Di dalam email Anda juga akan menemukan menu pilihan yang dapat digunakan untuk melampirkan data pendukung surat lamaran kita, menu tersebut bernama lampiran. Simbol dari lampiran ini adalah pin spiral yang biasanya terletak di bagian bawah halaman penulisan surat.
Surat lamaran kerja menggunakan e-mail tidak perlu dicetak. Jadi lebih ringkas dan lebih hemat tentunya, oke jika persiapan diatas sudah dilakukan saatnya Anda membuat surat lamaran yang akan dikirimkan melalui email, berikut contohnya:

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email:

Dibawah ini saya telah menuliskan beberapa contoh format surat lamaran resmi yang baik dan benar, yang dapat anda copy atau dapat Anda unduh gratis dalam format doc atau word, jadi Anda cukup melengkapi data-data yang diperlukan, 

1. Contoh surat lamaran yang ditulis langsung di email:

To : recruitment.hrd@rumahmode.co.id
Cc : president@rumahmode.co.id
Subject : Internal Fashion Designer (kode posisi)

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi yang ada pada website, bahwa Rumah Mode sedang membutuhkan tenaga kerja sebagai Internal Designer, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Lisa Mauli
Alamat : Jln. Merdeka, No. 45, Jakarta Barat
TTL : Surabaya, 17 Januari 1990
Pendidikan : S1 Fashion and Art

Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut.

Bersama dengan surat ini saya juga melampirkan daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu kedalam bentuk attachment yang bisa di unduh.

Besar harapan saya untuk menghadiri panggilan tes dan wawancara untuk menjelaskan lebih mendalam mengenai data diri saya.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Lisa Mauli

2. Contoh Daftar Riwayat Hidup Via Email

Contoh Surat Lamaran Kerja Resmi Via Email
3. Contoh Surat Lamaran via Email Beserta Lampirannya


Contoh Surat Lamaran Kerja Resmi Via Email

Keterangan:

  1. Isi email perusahaan atau penerima
  2. Isi dengan posisi yang di lamar atau bisa di isi dengan profil Anda.
  3. Tuliskan alamat Anda dan nomor HP Anda
  4. Untuk melampirkan file pendukung seperti foto, Daftar riwayat hidup, Ijasah dan lain sebagainya.

Berikut kutipan surat lamaran yang bisa Anda contoh sebagai panduan:

Saya membaca iklan lowongan kerja sebagai senior editor di PT .......... dua hari yang lalu, dan saya tertarik untuk mengisi posisi tersebut.

Dengan pengalaman saya pada PT ..................... , dimana saya bertanggung jawab untuk menulis siaran press, ( isi dengan pengalaman dan kemampuan Anda di sini)

Bersama ini saya lampirkan resume .............  (isi dengan beberapa persyaratan atau lampiran yang diminta oleh perusahaan)

Silahkan hubungi saya melalui email atau nomor handphone yang telah saya cantumkan dibawah.

Terima kasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan kepada saya.

4. Contoh Surat Lamaran Lewat Email di hp

Contoh Surat Lamaran Kerja Resmi Via Email

Keterangan:

  1. Isi dengan nama email Anda
  2. Isi dengan posisi yang Anda inginkan
  3. Isi dengan kata-kata lamaran Anda
  4. Upload data yang diperlukan

Contoh kata lamaran via email singkat dan jelas:

Berdasar informasi yang saya dapat, dari koran ................... pada tanggal ............. , bahwa di Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sedang membutuhkan karyawan dengan posisi ....................

Dengan ini saya mengajukan diri di posisi tersebut, adapun saya sebagai berikut

Nama : ...............
Tempat tanggal lahir : .................
Agama : .................
Alamat : .........................
No HP : ........................
No. Identitas : ......................

Besar harapan saya untuk dapat diterima di ..............................., terima kasih atas waktu dan perhatian yang diberikan kepada saya,

Hormat saya,

nama Anda

5. Contoh Body Email Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja Resmi Via Email

Jakarta, 22 Juli 2018

Dengan hormat, 
Yang bertanda tangan dibawah ini saya :

Nama : ..................
TTL : ......................
Alamat : ...................
Pendidikan : ...........................
Jurusan : .......................
No HP : ..........................

Bermaksud ingin mengajukan permohonan pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu bersama ini saya lampirkan beberapa persyaratan.

Atas perhatian Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya, 

(Nama Anda)

6. Contoh Surat Lamaran Kerja via Email Lulusan SMK

Yogyakarta, …………………..

Hal : Lamaran Kerja
Lampiran : 3 (tiga) berkas

Yth.
Pimpinan PT……..
Jalan ……………….
Yogyakarta

Dengan hormat, 

Saya adalah lulusan SMK tahun ……………. Jurusan administrasi perkantoran, Saya bermaksud melamar pekerjaan pada bagian Administrasi di perusahaan Bapak. Saya belum memiliki pengalaman kerja tetapi saya yakin dapat bekerja sesuai dengan harapan pimpinan perusahaan karena saya telah mengikuti berbagai pendidikan tambahan atau kursus keterampilan yang sesuai dengan keahlian yang saya miliki.

Bersama ini saya lampirkan 1 (satu) lembar daftar riwayat hidup beserta lampiran salinan ijasah yang saya miliki sebagai bahan pertimbangan Bapak selanjutnya.

Saya sangat berharap, untuk bertemu dengan Bapak pada saat wawancara, besar harapan saya atas diterima den dikabulkannya permohonan kerja ini, terima kasih.

Hormat saya

…………

Anda dapat langsung mengcopy kata diatas, atau juga Anda dapat langsung mendownloadnnya dalam format doc atau word dengan mengklik tombol download dibawah ini:


7. Contoh Surat Lamaran Kerja via Email yang Menarik

Contoh Surat Lamaran Kerja Resmi Via Email

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi yang saya terima  bahwa PT ............... membutuhkan beberapa lowongan ....................... , maka saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : .....................
TTL : ......................
Jenis kelamin : ............
Pendidikan terakhir : ..............
Alamat : .....................
No. HP : ........................

Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut, bersama ini saya lampirkan satu lembar daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan dalam bentuk attachment.

Bila, dikehendaki, saya bersedia memenuhi panggilan untuk dites dan diwawancarai.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

.........................

Demikian diatas adalah Beberapa Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email, mohon maaf apabila terdapat kekurangan, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar